Apa Yang Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar?

Diposting pada

Apa Yang Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar? – Bumi adalah planet tempat segala jenis mahluk hidup. Manusia hidup di bumi berdampingan dengan hewan dan tumbuhan. Segala jenis mahluk hidup di bumi dapat hidup karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti adanya Udara (Oksigen), cahaya matahari, serta faktor pendukung seperti makanan dan minuman yang tersedia melimpah di bumi.

Bumi merupakan salah satu planet dalam susunan tata surya yang berputar mengelilingi Matahari dalam siklus tahunan. Bumi berputar dari barat ke timur.

Lalu apa jadinya jika bumi berhenti berputar? Nah, kita akan membahasnya dalam ulasan kali ini !

Bagaimana Bumi Berputar?

Rotasi Bumi merujuk pada gerakan berputar planet Bumi pada sumbunya. Bumi berputar ke arah timur, atau jika dilihat dari utara, melawan arah jarum jam. Akibat pergerakan pada sumbunya, setiap daerah di bumi mengalami siang dan malam, walaupun dengan panjang siang dan malam yang bisa berbeda-beda.

Masa rotasi dalam kaitannya dengan Matahari ialah 24 jam. Namun perputaran ini perlahan terus melambat karena pengaruh gravitasi bulan. Hal ini bisa dilihat dari melambatnya satu hari pada masa kini sebesar 1.7 milidetik dibanding seabad yang lalu.

Hubungan Putaran Bumi Terhadap Revolusi Bumi

Gerakan melingkar mengelilingi Matahari terjadi selama setahun, yakni 365,2425 hari. Sehingga, revolusi Bumi mengelilingi Matahari tidak pas dengan gerakan Bumi pada sumbunya.

Revolusi Bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Revolusi bumi merupakan akibat tarik menarik antara gaya gravitasi matahari dengan gaya gravitasi bumi, selain perputaran bumi pada porosnya atau disebut rotasi bumi.

Mengapa Kita Anda merasakan bumi berputar?

Anda tidak dapat merasakan diri Anda berputar di Bumi karena alasan yang sama seperti Anda tidak dapat merasa diri Anda bergerak saat berada di kereta api. Itu karena Bumi dan kereta api adalah apa yang disebut oleh fisikawan “kerangka acuan.”

Kerangka acuan adalah semacam perspektif. Seseorang yang berdiri di atas kereta memiliki satu perspektif – satu kerangka acuan – dan orang yang berdiri di stasiun memiliki perspektif yang lain.

Bagaimana Jika Bumi Berhenti Berputar?

Bumi selalu berputar pada porosnya, setiap jam, bulan maupun tahun. Ketika bumi berhenti mendadak maka atmosfer tetap akan bergerak tetapi hal yang akan terjadi badai super besar. Badai super besar ini mempunyai kekuatan yang dapat meratakan seluruh permukaan bumi.

Lalu bagaimana jika bumi melambat secara perlahan lalu berhenti?

Faktanya, saat ini kecepatan putaran bumi pada poros nya terus berkurang. Tapi hal ini tidak menimbulkan kekhawatiran karena pada kenyataannya bumi masih membutuhkan millyaran tahun lagi sampai bumi benar –  benar berhenti berputar.

Fakta Jika Bumi Berhenti Berputar

Tetapi jika manusia masih dapat bertahan hidup jika bumi benar – benar berhenti berputar maka cara hidup manusia di bumi juga akan berubah secara drastis. Fakta yang pertama yang akan terjadi ketika bumi berhenti berputar salah satunya adalah perubahan waktu yang sangat lama.

Jika bumi berhenti berputar, maka 1 hari akan terasa seperti 1 tahun lamanya. Siang hari akan berlangsung selama 6 bulan, begitu juga dengan malam hari yang akan berlangsung selama 6 bulan pula. Sangat lama bukan?

Fakta yang kedua yang akan terjadi jika bumi berhenti berputar adalah temperatur di salah satu belahan bagian bumi akan sangat panas sedangkan temperatur di sisi bagian yang lain akan sangat dingin.

Satu – satunya cara agar manusia dapat bertahan hidup adalah dengan terus berpindah – pindah mengikuti batas antara siang dan malam (Twilight Zone). Jika hal itu benar – benar terjadi maka air laut akan pasang. Air laut yang pasang tersebut tidak akan menjadi penghambat manusia untuk berpindah – pindah.

Hal tersebut dikarenakan jika bumi berhenti berputar, maka akan tercipta benua baru yang akan mengikuti bumi sepanjang garis equator.

Mengapa demikian?

Dalam analogi sederhana, bumi berputar akan menyebabkan gaya yang mengikabatkan air jadi berkumpul di tengah – tengah bumi. Nah, jika bumi berhenti berputar lautan dan samudera akan pindah ke tempat yang memiliki gaya gravitasi yang besar seperti kutub utara dan kutub selatan.

Baca Juga : Berapakah Jarak Bumi Ke Matahari?

Bumi masih akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk berhenti berputar. Tapi jika saat itu benar – benar terjadi, apakah manusia masih dapat bertahan hidup? Ataukah manusia akan punah? Tidak ada yang bisa menjawab ya. Yang dapat kita lakukan adalah tetap menjaga lingkungi untuk melestarikan bumi.

Apa Yang Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar?
5 (100%) 1 vote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *