12 Cara Menghilangkan Iklan di Android 2018

Diposting pada

Cara Menghilangkan Iklan di Android 2018 – Bagi pelaku produksi atau developer, iklan memang berkaitan dengan pendapatan. Misalnya pengembang aplikasi. Namun bagi kita sebagai pengguna android, iklan yang tiba-tiba muncul kadang sangat mengganggu. Saat asyik browsing atau main game tiba-tiba muncul iklan yang bikin jengkel dan tentu sangat menggangu aktivitas penngguna android.

12 Cara Menghilangkan Iklan di Android 2018
12 Cara Menghilangkan Iklan di Android 2018

Sebenarnya ada beberapa pengembang yang menyediakan opsi aplikasi versi berbayar untuk menghapus iklan dari aplikasi buatannya. Namun begitu tetap saja ada iklan yang bandel dan tetap mucul saat menggunakan aplikasi tersebut.

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Munculnya iklan di aplikasi tidak hanya menggangu. Harus diketahui bahwa iklan-iklan yang muncul membuat perangkat Smartphone menjadi rentan. Seringkali pengembang menyelipkan virus berbahaya untuk menginfeksi target melalui iklan. Bisa dibayangkan apa yang terjadi jika iklan tersebut tidak sengaja kita klik.

Baca Juga : 5 Cara Menghemat Penggunaan Kuota Di Android

Cara menghilangkan iklan di Android merupakan langkah yang tepat yang dapat di ambil oleh pengguna aplikasi jika Anda tidak ingin Smartphone Anda rusak karena adanya virus pada iklan tersebut. Selain dapat mengurangi resiko kerusakan smartphone, menghilangkan iklan juga dapat menjadi salah satu cara bagi Anda untuk menikmati aplikasi tersebut.

Cara Menghilangkan Virus Iklan di Android Tanpa Root

Sebenarnya ada cara menghilangkan iklan di android bahkan tanpa harus rooting perangkat. Kita cukup menggunakan aplikasi Adguard, yaitu aplikasi khusus untuk “mengusir” iklan-iklan di android. Cara menghilangkan iklan di android tanpa root dengan Adguard ini sangat mudah.

Jika Adblock Plus mewajibkan kita melakukan konfigurasi tambahan di sektor Local Proxy, maka Adguard bisa dijalankan lebih mudah. Secara default sistem kerja Adguard diatur oleh VPN. Hanya dengan mengaktifkan Adguard sekali, maka iklan-iklan yang membandel di aplikasi akan menyingkir.

Tak hanya simple dan mudah digunakan, Adguard memang efektif bekerja di perangkat yang belum di-root, tapi juga bisa digunakan di Smartphone yang sudah terlanjur di-root. Jadi tenang saja, jika perangkat kita terlebih dulu memiliki akses root, aplikasi Adguard ini masih bisa kita nikmati.

Cara Menghilangkan Iklan di Browser

Iklan yang mengganggu tak hanya muncul di aplikasi android namun juga pada browser. Bahkan bukan saja pada browser android, iklan pengganggu juga banyak kita jumpai di browser PC. Cara menghilangkan Pop Up iklan di android cukup menggunakan beberapa aplikasi berikut ini.

  • Adblock Browser for Android
Adblock Browser for Android
Adblock Browser for Android

Sejauh ini kita mengenal Adblock Browser sebagai “pengusir” iklan di browser PC. Sejalan mewabahnya android, aplikasi ini kemudian hadir untuk versi androidnya. Bagi kita yang terlanjur suka dengan browser bawaan ponsel atau Chrome for Android yang penuh iklan, saatnya kini kita mencoba Adblock Browser.

Cara menghilangkan iklan di hp xiaomi maupun pada adroid Samsung dapat juga menggunakan fitur Adblock karena dapat diinstal pada semua jenis smartphone android.

Dengan Adblock Browser kita akan dibawa pada pengalaman berselancar di internet tanpa terganggu iklan sama sekali. Saat ini Adblock Browser versi resmi sudah tersedia di Play Store.  Sekedar catatan, aplikasi ini hanya bisa bekerja pada Smartphone yang belum di-root.

  • NoChrome

Pengguna Smartphone yang kurang nyaman dengan browser Google Chrome, bisa menggunakan kolaborasi hebat Google Chrome dengan ekstensi Adblock Plus bernama NoChrome. Selain dijamin tanpa iklan yang mengganggu, NoChrome juga lebih ringan, cepat, dan memiliki fitur-fitur lengkap.

Sayangnya sampai sekarang di Google Play Store aplikasi NoChrome ini belum tersedia. Kita bisa menemukannya melalui link atau sumber-sumber lain.

  • UC Browser

UC Browser merupakan salah satu browser yang sudah dilengkapi fitur untuk memblokir iklan.

Menghilangkan iklan di UC Browser

Caranya pergi ke menu Setting (Icon gear) > scroll ke bawah > pilih Adblock. Selanjutnya aktifkan Ad Bloker. Aktifkan juga Powerfull Ad Blocker jika dirasa iklan benar-benar mengganggu.

Caranya pergi ke menu Setting (Icon gear) > scroll ke bawah > pilih Adblock. Selanjutnya aktifkan Ad Bloker. Aktifkan juga Powerfull Ad Blocker jika dirasa iklan benar-benar mengganggu.

Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome

Secara default salah satu browser bawaan Smartphone android memang menampilkan iklan, terutama saat digunakan browsing. Cukup dengan beberapa langkah, iklan-iklan tersebut bisa disingkirkan.

Agar Google Chrome tidak menampilkan iklan kita pergi ke menu Setting > site setting > Pop up, lalu pilih non-aktifkan. Namun jika kita ingin memblokir semua iklan di Google Chrome kita perlu menon-aktifkan fitur JavaScipt. Pergi ke Settings > site setting > JavaScript lalu pilih non-aktifkan.

Yang harus jadi catatan, menon-aktifkan JavaScript memang efektif untuk memblokir pop up iklan-iklan yang muncul. Namun jika JavaScript dihentikan maka beberapa fitur website yang mengggunakan JavaScript tidak berfungsi dengan baik.

Cara Menghilangkan Iklan di Aplikasi Android dengan Lucky Patcher

Lucky Patcher merupakan aplikasi yang biasa digunakan untuk belanja game secara gratis. Jadi cara menghilangkan iklan di aplikasi android dengan Lucky Patcher ini mungkin kurang begitu familiar. Di sisi lain fungsi kedua dari aplikasi ini ternyata cukup efektif untuk menghapus iklan-iklan yang mengganggu di aplikasi maupun browser.

Menghilangkan iklan dengan Lucky Patcher

Langsung saja beriku ini langkah-langkahnya:

  • Download aplikasi android Lucky Patcher
  • Install lalu jalankan
  • Buka menu “toolbox
  • Klik “Block Ads
  • Pilih “Turn off google ads” dan “block ads on devices”
  • Proses selesai
  • Perangkat android sekarang bebas dari iklan, bahkan iklan spam dan pembawa virus

Cara Menghilangkan Iklan Dengan Noroot Firewall

Selain pada browser, iklan juga dapat dihilangkan pada aplikasi. Aplikasi yang telah di download biasanya berisi iklan dari pengembang aplikasi tersebut. Untuk menghilangkan iklan tersebut, Anda dianjurkan untuk membayar lebih kepada pengembang dan menghilangkan iklan tersebut.

Menghilangkan iklan dengan Noroot Firewall

Namun, hal itu tentu merugikan bagi Anda karena harus mengeluarkan sejumlah uang untuk menghilangkan iklan tersebut. Maka alternatif yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan iklan aplikasi adalah dengan menggunakan Noroot firewall. Bagaimana caranya?

Download : Noroot Firewall

  • Jalankan aplikasi noroot firewal.
  • Setelah terbuka maka akan tampil daftar beberapa aplikasi yang dimiliki.
  • Kemudian pilih aplikasi yang ingin diblok atau di hilangkan iklannya di android.
  • Silahkan centang lalu silang warna merah menandakan aplikasi sudah di blok akses internetnya sehingga iklan tidak muncul.

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

Tak ada yang tidak merasa terganggu dengan munculnya pop up iklan yang tiba-tiba di home screen ponsel. Apalagi kita tidak merasa sedang membuka aplikasi atau bermain game online, tapi tahu-tahu iklan muncul begitu saja. Lantas darimana datangnya iklan-ilkan pengganggu tersebut?

Sering munculnya pop up iklan di layar android dan terjadi terus menerus penyebabnya mungkin karena instalasi launcher di smartphone kita. Ini karena mayoritas aplikasi launcher (theme launcher android) berisi iklan.

Sedikit bicara soal launcher, konon aplikasi pihak ketiga ini bisa mempercepat kinerja ponsel. Ini salah besar sebab justru launcher membuat ponsel menjadi lemot karena memakan RAM cukup besar.

Tak hanya membuat kinerja ponsel semakin berat tapi launcher juga memakan daya cukup besar sehingga ponsel menjadi boros baterai. Tanpa mengesampingkan fungsinya untuk mempercantik tampilan Smartphone, sebaiknya kita hanya menggunakan launcher bawaan ponsel saja. Artinya, jika iklan yang muncul disebabkan aplikasi launcher, maka cara menghilangkan popu up iklan di android tersebut cukup dengan menghentikan paksa aplikasinya, lalu kembali ke launcher aslinya.

Penyebab lain munculnya pop up iklan di home screen android adalah virus atau malware. Biasanya ini ditandai dengan munculnya pop up iklan terus menerus, otomatis download, atau perangkat memasang aplikasi sendiri. Hal ini berarti meskipun kita menghapus aplikasi launcher, pop up iklan-iklan tersebut tetap akan muncul.

Efeknya jelas kuota data kita akan terkuras karena munculnya iklan, juga karena perangkat tiba-tiba download sendiri dan memasang iklan sendiri. Bahkan ketika kita coba restart, memasang antivirus, recovery mode dengan mereset Smartphone, iklan tetap saja bermunculan.

Artikel Menarik Lainnya :

Jika muncul masalah pop up iklan karena infeksi virus, kita tidak perlu buru-buru me-root ponsel untuk memasang antivirus. Ini hanya buang waktu sebab kasus ini tidak akan selesai hanya dengan instalasi antivirus. Apalagi antivirus versi gratis. Untuk mengatasi masalah in solusinya hanya dengan download firmware (untuk android) kemudian install ulang.

Akhir Kata

Menghilangkan iklan di Android dapat kita lakukan dengan beberapa cara di atas. Selain beberapa cara di atas, Anda juga dapat menggunakan banyak alternatif lain untuk menghilangkan iklan yang menganggu tersebut. Kadang kita sering merasa terganggu dengan munculnya iklan-iklan di android.

Namun di sisi lain iklan adalah satu sumber pendapatan seorang pemilik blog maupun pengembang aplikasi. Artinya tanpa uang dari iklan sulit bagi mereka untuk mengembangkan blog. Jika semua iklan diblokir otomatis aplikasi dan blog mereka akan mati. Untuk itu disarankan untuk lebih bijak menggunakan cara menghilangkan iklan di android di atas demi kebaikan semua pihak.

12 Cara Menghilangkan Iklan di Android 2018
5 (100%) 2 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *