Berapakah Jarak Bumi Ke Matahari?

Diposting pada

Berapakah Jarak Bumi Ke Matahari? – Bumi merupakan salah satu planet dalam tata surya tempat manusia, hewan dan tumbuhan dapat hidup. Kehidupan mahluk hidup di bumi sangat dipengaruhi beberapa faktor salah satunya adalah cahaya matahari.

Kita tentu pernah merasakan cahaya matahari bukan? Terkadang cahaya matahari yang kita rasakan akan terasa sangat panas pada siang hari. Mengapa demikian? Apakah jarak bumi ke matahari pada siang hari semakin dekat? Mari kita cari tau bersama dengan ulasan dalam artikel ini !

Jarak Bumi Ke Matahari

Menurut Wikipedia, Bumi adalah planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya. Bumi juga merupakan planet terbesar dari empat planet kebumian Tata Surya. Bumi terkadang disebut dengan dunia atau Planet Biru.

Sedangkan Matahari atau Surya adalah bintang di pusat Tata Surya. Bentuknya nyaris bulat dan terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet. Diameternya sekitar 1.392.684 km, kira-kira 109 kali diameter Bumi, dan massanya (sekitar 2×1030 kilogram, 330.000 kali massa Bumi) mewakili kurang lebih 99,86 % massa total Tata Surya.

Kembali ke topik, lalu berapa sebenarnya jarak antara bumi dengan matahari? Tentu saja jarak bumi dengan matahari sangatlah jauh. Bumi berjarak 150 juta kilometer dari matahari. Lebih tepatnya Jarak rata-rata Matahari ke Bumi sekitar 149.6 juta kilometer (1 AU “astronomical unit”). Dengan pesawat berkecepatan 10.000 km/jam memerlukan waktu 20 bulan lebih untuk menempuh jarak sejauh ini.

Apa itu AU?

Jadi, secara simpel, jarak antara Bumi dengan Matahari adalah 1 AU.

Apa itu AU?

Baca juga  18+ Cara Menghasilkan Uang Dari Internet 2018

AU adalah singkatan dari Astronomical Unit. Satuan AU ini menjadi standar jarak semua benda angkasa yang terletak di dalam Tata Surya.

Tetapi pada dasarnya otak manusia tidak dapat membayangkan jarak yang begitu jauh seperti jarak bumi dengan matahari yang sesungguhnya.

Jadi jika dibayangkan matahari dapat di ibaratkan sebuah bola basket maka bumi akan menjadi sebesar biji merica dan jarak antara bumi dengan matahari dapat di ibaratkan sejauh lapangan bola basket dari ujung ke ujung. Sedangkan dalam sistem tata surya, jarak bintang terdekat ke bumi dapat disetarakan antara jarak ibu kota jakarta dengan kota Madagaskar. Sangat jauh bukan?

Nah, dari analogi tersebut kita dapat membayangkan seberapa kuat energi yang dipancarkan oleh matahari sehingga energi panas yang dihasilkan dapat sampai ke bumi. Jawaban nya adalah karena satu- satunya bintang dalam sistem tata surya yang memiliki pancaran enegi panas terbesar adalah Matahari.

Massa matahari mencapai 300.000 lebih besar daripada massa bumi dan akan mencapai 99,8% dari berat semua benda di dalam Tata surya.

Energi Cahaya Matahari Sesuai Untuk Kehidupan di Bumi

Pertanyaan yang timbul kemudian adalah mengapa Energi yang dihasilkan oleh matahari sesuai untuk kehidupan mahluk hidup dibumi? Jawabannya tentu karena Bumi berada di posisi yang tepat.

Mengapa demikian?

Karena bumi tidak berada di jarak yang jauh seperti Planet Pluto yang tidak mendapat pancaran cahaya matahari sehingga suhunya menjadi membeku. Dan tidak juga berada di posisi yang terlalu dekat seperti Merkurius sehingga suhu nya sangat tinggi.

Bumi berada diposisi yang tepat untuk menerima reaksi fisi nuklir di inti matahari yang tiap detiknya mengeleuarkan energi hingga millyaran kali lebih besar dari bom nuklir terkuat yang pernah di ciptakan oleh manusia.

Baca juga  12 Profesi Dengan Gaji Tertinggi Di Indonesia 2019

Matahari memberikan energi yang memungkinkan adanya kehidupan di bumi. Jadi jika kita merasakan sinar matahari jika kita berada di ruangan terbuka adalah karena bumi mendapat pancaran energi panas dari Matahari.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai jarak antara Bumi dengan Matahari yang dapat saya ulas dalam tulisan kali ini. Bumi adalah tempat untuk segala jenis mahluk hidup. Maka rawatlah bumi sebagaimana kita merawat rumah kita sendiri.

Berapakah Jarak Bumi Ke Matahari?
5 (100%) 1 vote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *